Wednesday, September 5, 2012

MEMBUAT MAKALAH YANG BAIK


BAGAIMANA MENULIS MAKALAH YANG BAIK

Menulis makalah mungkin saja merupakan hal yang paling sulit dan paling penting bagi para mahasiswa, sebagai aktivitas rutin di kampus. Ini bisa menjadi pekerjaan yang tidak mudah, karena membutuhkan waktu, pemahaman, pemikiran, penelitian dan bahasa yang baik.
Kemampuan menulis dalam hal ini menjadi salah satu penentu keberhasilan seorang mahasiswa dalam menempuh pendidikan Akademik, begitupun penunjang karier dan masa depan.
Berikut beberapa tips dalam membuat makalah yang baik:
1.   Tentukan fokus kajian. Kajian biasanya bersifat aktual dan momentatif. Jika makalah adalah topik yang ditugaskan, sangat penting untuk memahami secara jelas tugas yang diberikan. Menganalisa topik masalah untuk memahami persyaratan dan lingkup tugas.
Ingat, Anda harus fokus pada ide-ide yang telah Anda dapatkan, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk meninjau ulang tulisan yang akan kita presentasikan.
2.    Perbanyak membaca referensi yang berhubungan dengan kajian, sehingga makalah yang Anda buat tidak terkesan hanya berdasar pada referensi subjektif. Disini Anda tidak hanya harus membaca materi namun juga harus jelas mengatur informasi yang kita gunakan dari sumber lain.
Mulailah dengan penyorotan poin kunci dan membuat catatan khusus di atas kertas. Kumpulkan bahan-bahan, kemudian pikirkan tentang bagaimana Anda akan mengatur informasi tersebut. Pada langkah ini, Anda dapat mengatur lebih lanjut bahan makalah menjadi pemikiran yang terstruktur.
3.   Buatlah kerangka kajian. Buat kerangka, dari A sampai Z, berupa poin-poin apa yang akan Anda bahas. Disini pentingnya identifikasi, pembatasan, dan perumusan masalah sehingga Anda tahu apa yang akan Anda tuliskan.
Atur ulang struktur atau kerangka makalah. Dengan membuat draft atau kerangka, maka Anda bisa melihat keseluruhan aliran ide-ide yang telah Anda persiapkan dalam menulis.
4.   Mulailah menulis, tulislah terlebih dahulu apa yang Anda pahami, rasakan, dan amati. Cari waktu yang tepat untuk menulis, ketika bahan-bahan sudah tersedia. Lakukan peninjauan kata-kata dan ejaan bahasa yang Anda gunakan, jangan sampai karena kesalahan tulis sehingga menimbulkan pemahaman yang rancu bagi pembaca.
5.   Bertanyalah kepada ahlinya atau lebih dahulu mengambil mata kuliah tersebut. Anda juga bisa memelajari contoh makalah orang lain, apalagi jika masih bingung tentang penulisan dan cara pendekatan yang akan Anda gunakan, sebagai bahan perbandingan.
Dengan cara ini, Anda akan memahami bagaimana mengatur dan menyajikan informasi dengan baik, melihat bagaimana penulis memperkenalkan dan membuat topik yang menarik, gaya bahasa yang digunakan, mengembangkan ide dan memberikan kesimpulan yang jelas.
Kemudian, bandingkan efektivitas pendekatan yang Anda lakukan. Meski demikian, jangan sampai Anda menjiplak tulisan orang lain dengan melakukan beberapa perubahan. Ini adalah bentuk kecurangan.
6.   Jangan takut untuk menyatakan pendapat atau analisa, baik itu memberi masukan atau mengoreksi teori tertentu, bahkan ketidaksetujuan.
7.   Sebarkan tulisan Anda, mintalah pendapat dari pembaca, apakah mereka mengerti dengan maksud makalah atau tidak.
8.   Edit dan selalu sempurnakan. Jangan lupa untuk mencari hal-hal yang menarik bagi Anda dan bagi pembaca, sehingga makalah Anda terasa bermutu dan beda dengan yang lainnya.


TIPS MENYUSUSN MAKALAH YANG BAIK

Cara membuat makalah - Jika anda masih bingung dengan cara membuat makalah baiknya simak baik-baik 7 hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu makalah.

Pada dasarnya makalah yang baik adalah memiliki tipe mendidik, dengan gaya yang nyaman untuk dibaca karena lebih efektif. Dan berikut ini merupakan 7 elemen penting yang perlu diperhatikan dalam cara membuat makalah yang baik:


1. Tulisan yang jelas (Clear). Titik pijak komunikasi yang efektif dalam menyusun sebuah makalah merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan. Kejelasan berarti memasukkan tulisan ke dalam levelpemahaman pembaca sehingga harus digunakan kata serta kalimat yang mudah dipahami, dan ingat bahwa kewajiban penulis untuk berkomunikasi secara jelas agar pembaca dapat memahaminya.

2. Tulisan yang lengkap (Complete). Tulisan yang baik adalah tulisan yang mencakup semua informasi yang dibutuhkan untuk menunjukkan sesuatu hal dan mendorong apa pun yang diminta/dibutuhkan dalam makalah.  Data harus didesain sedemikian rupa dengan dilatari oleh tujuan tertentu karena detail-detail yang sifatnya acak malah akan tidak menarik dan hanya membingungkan pembaca.

3. Tulisan yang ringkas (Concise). Seperti yang dikatakan oleh William Shakespeare yaitu 'Brevity is the soul of wit' (keringkasan adalah inti kecerdasan). Jadi disini maksudnya buatlah makalah yang rinskas serta to the point, jangan lapisikomunikasi anda jika lapisan itu tidak mengarah pada poin utama atau memberi kontribusi terhadap tujuan utama pembuatan makalah. Karena pembaca akan terganggu, tidak terkesan akibat banyaknya kata-kata yang tidak berguna yang lebih merusak ketimbang membantu proses komunikasi.

4. Tulisan makalah yang Nyata (Concrete). Jika memang perlu gunakanlah angka-angka, ratio, dan fakta ketimbang hanya kalimat yang berusaha menguraikan hal-hal khusus.

5. Tulisan yang konstruktif (Constructive). inilah elemen dalam cara membuat makalah yang penting, kata serta kalimat yang membentuk bada positif atau aksi langsung memungkinkan anda menerima respon yang lebih baik, dan karenanya akan lebih efektif.

6. Tulisan yang bersahabat (Conversational). Gunakanlah komunikasi yang bersifat informal dan akrab karena akan lebih mudah dipahami dan diterima secara lebih baik. Menulis dalam bentuk informal akan menghasilkan komunikasi yang lebih efektif.


7. Tulisan yang benar (Correct). Cara membuat makalah yang terakhir adalah tentang akurasi karena sangat tidak efektif jika penulis makalah mengabaikannya. Tulisalah makalah dengan kalimat yang benar, ejaan, tata bahasa, fakta, dan opini yang benar serta menarik. Gunakan perangkat di komputer anda untuk menge-cek tata bahasa dan kalimat dalam makalah anda, atau bila perlu suruhlah orang lain untuk mengoreksi hasil makalah anda.

Nah itulah tadi
Cara membuat makalah yang baik menurut saya, dan apabila anda mempunyai kritik dan saran yang sifatnya membangun, mari kita sama-sama sharing agar nantinya kita bisa membuat makalah dengan baik, benar, dan efektif.
Advertiser

No comments:

Post a Comment